PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 104186 TANJUNG SELAMAT TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025
Keywords:
CIRC, Hasil Belajar, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CIRC terhadap hasil belajar siswa di kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 104186 Tahun Pembelajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan instrumen tes sebanyak 25 soal dan angket 25 butir angket. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 siswa berdasarkan teknik purposive sampling. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, penelitian melakukan Pretest dengan nilai rata-rata 58,67 yang masuk dalam kategori kurang. Hasil dari Pretest tersebut memiliki peningkatan dari hasil Posttest yang diberikan sebelumnya dengan nilai rata-rata siswa mencapai 77,87 dengan kategori baik. Dapat dikatakan tingkat keberhasilan hasil belajar siswa dengan menggunakan model CIRC meningkat dan berpengaruh dengan kategori kuat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji koefisien korelasi diperoleh hasil dengan hasil 0,772 ≥ 0,361. Selanjutnya pengujian hipotesis yang membandingkan nilai . Diperoleh nilai = 6,419 sedangkan = 1,697. Karena (6,419 ≥ 1,697) maka diterima dan ditolak. Melalui uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara model pembelajaran CIRC (X) terhadap hasil belajar siswa (Y).
References
Ariyana, I. K. S., & Suastika, I. N. (2022). Model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 203-211
Astutik, E. P. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an-Hadits Di Mts Irsyadun Nasyi’in.
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217-230.
Ember, K. H. A. S. J. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Berbantuan Media Canva Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Kelas Xi Mipa Di Sma Negeri 1 Tenggarang Bondowoso.
Istarani. 2023. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Jariah, A., Gustina, R., Muhardini, S., Habiburrahman, H., Ihsani, B. Y., & Nurmiwati, N. (2023, July). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 3, pp. 234-243).
Kurniasih Imas dab Sani Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena
Lestari, G. S. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Berbasis Permasalahan Kontekstual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Mardiah, D., & Al-Hamdani, M. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Perilaku Sosial Dan Spiritual Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 5(1).
Mariadeni, K. E., Suarni, N. K., & Putrayasa, I. B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Dan Hasil Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 47-58.
Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2018). Penerapan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 23-34.
Prawitaningrum, A., & Endarini, E. (2019). Efektivitas Model CIRC dan GGE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(3), 308-315.
Rani, T., & Astuti, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Membaca dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Elementary School (JOES), 6(2), 158-170.
Royani, P., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Berbantu Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar IPS Kelas V Sekolah Dasar. Journal Education and Development, 8(2), 567-567.
Simangunsong, I., Siahaan, T. M., & Purba, N. (2023). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN 122381 Pematang Siantar. journal sains student research, 1(2), 319-329.
Sinaga, N. F., Simarmata, E. J., Ambarwati, N. F., Sinaga, R., & Gaol, R. L. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V UPT SD Negeri 067246 Tanjung Selamat Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 179-185.
Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1).
Sugiharti, R. E., & Pratiwi, T. P. D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dan Minat Baca Siswa Kelas V SDN Babelan Kota 09 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 41-49.
Sundari, H. (2015). Model-Model Pembelajaran Dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106-117.
Tabrani, T., & Amin, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 200-213.
Trianto. 2019. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widianingsih, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Minat Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Vi Sd Negeri Bunter 1 Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Sebelas April Elementary Education, 3(1), 54-60.
Dalimunthe, N. A., & Rambe, R. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Circ (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam, 10(1), 198-208.
Ansari, K. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Ujung Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(10).










