EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII SMP ST. IGNASIUS MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.53842/qvj.v2i2.33Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Sistem Persamaan Linear Dua VariabelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas VIII-2 SMP St. Ignasius Medan T.P 2021/2022. Subjek penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIII-2 SMP St. Ignasius berjumlah 31 peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif hasil belajar peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik dengan rata-rata nilai siklus I sebesar 73 dan siklus II sebesar 89. Dengan persentase jumlah peserta didik yang mencapai KKM pada siklus I sebesar 64% dan siklus II sebesar 97% dengan indikator keberhasilan 30 peserta didik mencapai KKM.
References
Aldila, S. dan Mukhaiyar, R. (2020). “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Kelas X SMK Negeri 1 Buki Tinggi”. Jurnal Ranah.
Beni, Pekei. (2016). Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi. Buku 1.Jakarta Pusat : Taushia
Depdiknas. ( 2003). Pedoman Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning). Jakarta
Hamalik, Oemar. (2008). Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Harapan, Tua Halomoan.” Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 1 Medan T.P 2018/2019”. Jurnal PDSI. Malang: Universitas Negeri Malang.
Hudoyo. (1988). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional
Ibrahim, dkk. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Iga Rosalina. (2012). “Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan Pada Kelompok Pinjaman Bergulir Di Desa Mantren Kec Karangrejo Kabupaten Magetan”. Jurnal Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 01 No 01 (Februari 2012), h. 3.
Kemdikbud. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta.
Mahmud, Achmad. (2008). Teknik Simulasi dan Pemodelan. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Mahmudi. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Penerbit UPP STIM YKPN: Yogyakarta.
Muslich, Masnur. (2009). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mustofa, Muhammad Afif. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwanto, Ngalim. (2014). Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto. (2008). Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Pustaka Pelajar.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugandi, Achmad. dkk .(2005). Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.
Sukmadinata. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung : Kesuma Karya.
Suyanto. (2008). Mengenal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan di Rumah Sakit.. Yogyakarta : Mitra Cendikia Pers.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.