UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS 1 TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MATERI ASAL USUL NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL DEBAT DI SMA CAHAYA MEDAN T.A 2020/2021

Authors

  • Tarapul Theresia Sitohang Guru SMA Swasta Cahaya Medan

DOI:

https://doi.org/10.53842/qvj.v2i2.32

Keywords:

Hasil Belajar, Model Debat, Asal-usul nenek moyang Bangsa Indonesia

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas  ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas terhadap pembelajaran sejarah dengan materi asal usul nenek moyang bangsa indonesia menggunakan Model Debat. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertempat di SMA Swasta Cahaya Medan, dilaksanakan pada Semester Genap TP.2020/2021, dengan subyek penelitian adalah siswa SMA Cahaya Medan kelas  X IPS 1. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 28 siswa hanya 12 siswa atau 42,8 % yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) jadi dari hasil itu masih berada pada kategori rendah. Sedangkan pada siklus II dimana dari 28 siswa terdapat 27 siswa atau 96.4%  telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi rata-rata yang diperoleh sebesar 88,14 atau berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran debat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas  X  IPS 1 Sma Cahaya Medan.

References

Ali, M. 2008. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo Bandung.

Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Kasmadi, Hartono. 1996. Model-Model dalam Pembelajaran Sejarah. Semarang :IKIP Semarang Press.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Raharjo, Tiur Nurmayany.2014, Skripsi. Upaya meningkatkan kemampuan kritis Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Metode Debat di SMA Negeri 24 Bandung Kelas X-1 MIA. Bandung.

Sudjana, Nana.2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Susanti, Rita. 2009. Skripsi. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Melalui Model Pembelajaran Debat”. Lubuk Layang

Downloads

Published

2023-04-05