UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DASAR DENGAN METODE JARIMATIKA DI KELAS 3-B SD ST.YOSEF SIDIKALANG T.A 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.53842/qvj.v2i2.31Keywords:
Model pembelajaran, metode Jarimatika, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas III SD St. Yosef Sidikalang pada materi perkalian dasar dengan menggunakan Metode Jarimatika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-B SD St. Yosef Sidikalang tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan 4 tahap pelaksanaan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan teknik pengumpulan data yang berbentuk kuantitatif berupa data-data yang disajikan berdasarkan angka-angka menggunakan analisis deskriptif. instrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah diberi tindakan. Dari pra siklus sebelum tindakan, peserta didik yang mencapai ketuntasan hanya 42,8% dari keseluruhan siswa. Sedangkan pada siklus I setelah penerapan metode jarimatika siswa yang tuntas dalam KKM 72 sebanyak 22 orang atau 62,8% dengan nilai rata-rata kelasnya adalah 66,00. Kemudian dilakukan lagi Tindakan pada siklus II pembelajaran menggunakan penerapan metode jarimatika, semakin meningkat lagi, sebanyak 31 siswa atau 88,5% telah tuntas dengan rata-rata kelas sebesar 80,00.
References
Alsa, Asmadi, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Asrori, Mohammad, Psikologi Pembelajaran, Bandung: CV.Wacana Prima, 2011.
Astuti,Trivia, Jarimatika, Jakarta:Lingkar Media,2013.
Bahri Djamarah, Syaiful, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
Danin, Sudarwan dan Khairi, Psikologi Pendidikan (Dalam Perspektif Baru), Bandung : Alfabeta, 2010.
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar: Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam, Bandung : PT. Refika Aditama,2010.
Hendra, Aneka Berhitung Cepat, Bandung: Hensia,2005
Jihad, Asep dan Abdul Haris, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta : Multi Pressindo, 2012.
Mulyasa, Praktek Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : Rosda, 2010
Spiegel, Murray R, Matematika Dasar. Teory dan Soal-Soal, Semarang : Erlangga, 1984.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Rosda Karya, 1989.
Surakhmad, Winarno, Pengantar interaksi Mengajar-belajar; Dasar dan teknik Metodologi Pengajaran Edisi V, Bandung : Tarsito 1986.
Sumiati dan Asra. Metode Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima, 2011.
Syamsudin Makmun, abin, Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran modul, Bandung : Rosda, 2009.
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 2006.