UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN PADA SISWA KELAS I-D SD St. YOSEF SIDIKALANG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.53842/qvj.v2i2.29Keywords:
Hasil Belajar, Media kantong bilangan, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Matematika, pada materi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan media kantong bilangan pada siswa kelas 1-D SD St. Yosef Sidikalang semester II tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Siklus Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I-D di SD St. Yosef Sidikalang, yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah ≥75% dari jumlah peserta didik telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kantong bilangan pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I-D di SD St. Yosef Sidikalang. Saat belum diberikan tindakan, nilai pembelajaran matematika siswa kelas I-D di SD St. Yosef Sidikalang hanya 18 (52,94%) siswa yang mencapai KKM. Pada kegiatan tindakan siklus I terjadi peningkatan, yaitu sebanyak 22 (64,70%) siswa yang mencapai KKM. Dan pada siklus II sebanyak 29 (85,29%) berhasil mencapai nilai ketuntasan. Nilai rata-rata hasil belajar dari siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan yaitu dari 62,94 menjadi 81,17References
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Karya Offset.
Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Kusumah, W. & Dwitagama. D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Indeks.
Nalole, A. (2011). Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Pengurangan Bilangan Cacah Dengan Tekhnik Meminjam Melalui Media Kantong Bilangan Di Kelas II SDN Pauwo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan, Vol 8, Nomor 1.
Runtukahu, J, T. & Kandou, S. (2013). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sadiman, A.S., Dkk. (2006). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pres.
Sanaky, H, AH. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono. A. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafika Persada.
Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana