EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENULIS KARANGAN TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP DHARMA WANITA TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.53842/qvj.v2i2.26Keywords:
Model Cooperative Learning, Think Pair Share, Menulis Teks EksposisiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektitivitas penerapan model cooperative learning tipe think pair share (TPS) dalam menulis karangan teks eksposisi pada siswa. Penelitian dilakukan di SMP Dharma Wanita pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 20 orang. Tes yang digunakan adalah test-essay dalam bentuk penugasan, yaitu menulis teks eksposisi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa model cooperative learning tipe think pair share (TPS) berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi oleh siswa kelas VIII SMP Dharma Wanita tahun pelajaran 2022/2023
References
Agustina, A. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Teks Resensi dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Bolo Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 316-327.
Amalia, F., Syahrul, R., & Arief, E. (2018). Pengaruh model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 125-132.
Fatimah, N. (2016). Implementasi cooperative learning tipe think-pair-share dalam pembelajaran bercerita di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 90-98.
Iriani, S. (2017). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pelajaran bahasa Indonesia siswa Kelas IV SDN 004 Pagaran Tapah Darussalam. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 89-97
Khairatunnisa, K., & Afnita, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(3), 46-54.
Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan kerjasama siswa SMP melalui penerapan pembelajaran kooperatif pendekatan think pair share. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).
Rosmaya, E. (2018). Pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe investigasi kelompok di SMP. DEIKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 111-127.
Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.