ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KONJUNGSI PADA KARANGAN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ST YOSEPH TAHUN AJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.53842/qvj.v2i2.25Keywords:
Analisis Kesalahan Berbahasa, Konjungsi, EksplanasiAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kesalahan penggunaan konjungsi yang terdapat dalam karangan teks eksplanasi siswa di kelas VIII SMP Swasta St. Yoseph Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Data penelitian berupa 42 karangan teks eksplanasi siswa. Setelah data terkumpul, analisis data dimulai dengan mengelompokkan data kedalam 3 jenis konjungsi yang berbeda yaitu konjungsi kordinatif, konjungsi subordinatif, dan jenis konjungsi antar kalimat. Selanjutnya, setiap karangan dibagi ke dalam kelompok penggunaan konjungsi yang salah untuk kemudian diperbaiki dan mendeskrisikan letak kesalahan penggunaan konjungsi tersebut. Teknik penganalisisan data dalam penelitian ini menggunakan cara penarikan simpulan persentase. Berdasarkan analisis dari 42 jumlah karangan teks eksplanasi terdapat 670 keseluruhan penggunaan konjungsi. Dengan 587 penulisan konjungsi yang benar. Sedangkan, penulisan konjungsi yang salah sebanyak 159 penulisan. Data dibedakan menjadi 10 konjungsi koordinatif yaitu konjungsi dan, tetapi, atau, serta, namun, pada, terhadap, sedangkan, dari, dan sementara. 20 Konjungsi subordinatif yaitu konjungsi sehingga, kemudian, lalu, untuk, agar, jika, kalau, walaupun, meskipun, karena, akibat, maka, sampai, dengan, seperti, telah, bahwa, , supaya, seandainya, dan hingga. Dan 10 Konjungsi antarkalimat yaitu konjungsi bahkan, akibatnya, kemudian, hingga pada akhirnya, oleh karena itu, oleh sebab itu, pada saat, lalu kemudian, apalagi, dan selain itu.Berdasarkan pengolahan data, diperoleh frekuensi hasil persentase kesalahan penggunaan konjungsi pada karangan teks eksplanasi sejumlah 23,7%. Hasil persentase tersebut membuktikan bahwa tingkat pemahaman peserta didik terhadap penggunaan konjungsi tergolong cukup baik dan stabil. Hasil persentase tersebut berada pada kisaran yang cukup baik yaitu pada rentang angka 50% dari angka 100%, sehingga menandakan bahwa penguasaan siswa terhadap penggunaan dan pemilihan jenis konjungsi yang cukup dipahami dan dimengerti oleh peserta didik.
References
Alwi, Hasan Dkk. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka.
Chaer, Abdul. (2011). Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta : Rineka Cipta.
Damayanti, W. (2022). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA. JURNAL PEMBAHAS, 1(2).
Fau, H. S., Laia, A., & Ndruru, K. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi Koordinatif Dalam Karangan Argumentasi. Jurnal Education and Development, 9(2).
Hidayati, E. (2011). Penggunaan Konjungsi Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas X MA Husnul Ri’Ayah Situbondo.
Hindun, M. P. Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi Koordinatif dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VII MTsN 2 Ciganjur Jakarta Selatan (Bachelor's thesis).
Karino (2021). Teknik Pemodelan Menulis Teks Eksplanasi Di SMP. Yoyakarta : Pustaka Egaliter.
Moleong, Lexy J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Neriasari, D. P., & Ismawati, E. (2018). Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil prestasi belajar menulis eksplanasi ditinjau dari aspek motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2).
Saleh, M. (2016). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi komplek melalui model STAD pada siswa SMA. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1).
Salfera, N. (2017). Meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas VII. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2).
Setyawan, A., & Ngalim, A. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi pada Karangan Narasi Siswa Kelas Viii di SMP N 2 Kalijambe Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Setyawati Nanik, M.Hum. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Teori Dan Praktik. Surakarta : Yuma Pustaka.
Ulfatin Nurul, Triwiyanto Teguh. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Keguruan Dan Pendidikan. Malang : Erlangga