UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MODEL NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS III-C SD ST. IGNATIUS MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023 /2024

Authors

  • Luminar Lusiana Pakpahan SD St.Ignatius Medan Johor

Keywords:

Hasil Belajar, Numbered Heads Together, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III-C SD St.Ignatius Medan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together(NHT) pada mata pelajaran matematika materi perkalian dan pembagian. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together(NHT) menggunakan model Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III-C SD St.Ignatius Medan yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 15 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan di setiap siklusnya. Hal ini terlihat dari hasil tes  pra siklus memperoleh rata-rata sebesar 68,00 dengan ketuntasan belajar 36%. Pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 73,20 dengan ketuntasan belajar 60% dan di siklus II memperoleh rata-rata 83,20 dengan ketuntasan belajar 84%.

References

Arikunto, Suharsimi dkk.2008. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Bumi Aksara.

Bruner, Jerome. 1967. Toward a Theory of Instruction. New York: John Wiley & Son. Inc.

Depertemen Pendidikan Nasional.2003. Undang-undang No.2. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Direktorat Jendral Pendidikan Dasar.

Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung:Rosda

Khairani M. (2017). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Lie, A (2007). Cooperatif Learning Mempraktikkan Cooperatif Learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: Grasindo.Priansa, Donni Juni. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R.E. (2008). Cooperative learning : Teori, riset dan praktik. (Terjemahan Nurulita Yusron). Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana.2010. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2024-09-30