PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMA SANTO IGNASIUS MEDAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TP 2023/2024

Authors

  • Agnes Berlian Tamba Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Pencemaran Lingkungan, Model Pembelajaran Inkuiri, Sikap Peduli Lingkungan, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terhadap sikap peduli lingkungan pada materi pencemaran lingkungan siswa kelas X IPA SMA Santo Ignatius Medan. Pelaksanaan di SMA Santo Ignatius Medan pada bulan Juni 2023 sampai dengan April 2024. Populasi penelitian dari kelas X SMA berjumlah 80 orang dan sampel adalah kelas X IPA 2 (kelas kontrol) dan IPA 3 (kelas eksperimen) berjumlah 52 orang. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Intrumen pengumpulan data hasil belajar adalah tes pilihan ganda, sedangkan intrumen sikap peduli lingkungan adalah angket. Teknik analisis data adalah uji t dengan data berdistribusi normal dan homogen. Perbedaan hasil belajar materi pencemaran lingkungan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu rata-rata nilai kelas eksperimen 73,11 lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 62,24. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa sikap peduli lingkungan rata-rata skor angket pada kelas eksperimen 4,28 (85,71%) lebih besar daripada rata-rata skor angket pada kelas kontrol yaitu 4,22 (84,50%). Hasil uji t ditemukan bahwa t hitung hasil belajar (0,092) dan data sikap peduli pada lingkungan (0,415) untuk kelas kontrol dan eksperimen berbeda secara signikan pada taraf 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model inkuiri terhadap hasil belajar  dan sikap peduli lingkungan pada materi pencemaran lingkungan  siswa   kelas X  SMA Ignatius Medan  2023/2024

References

Djamarah, Syaiful Bahri. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Mandiri

Irnaningtyas dan Sagita, Sylvia. (2022). IPA Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Erlangga

Kharani, M. (2017). Psikologi Belajar. Yogjakarta: Asmaja Pressindo.

Maulidina, Mova Ashuri; Sa’adah, Noor; Setiawan, Edwin dan Ermavitalini, Dini. (2021). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Edukasi Konservasi Pencemaran lingkungan Sejak Usia Dini. Jurnal SEGAWATI, 5(3): 240-248

Nurfadila. (2017). Sikap Kepedulian Lingkungan Siswa Kelas VIII SMPN 34 Pekanbaru melalui Program Adiwiyata. Skripsi: FKIP UIR Pekanbaru.

Priansa, Donni Juni. (2019). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Purwanti, Devi. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII Semester II MTs Darussalam Kota Besi Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal EduSains, 3(1) : 79 – 86.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogjakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, H. Wina. (2017). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Setyowati, Ratna. (2013). Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi sebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11 Semarang. Jurnal UNNES Science Education. Vol. 2 (2).

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, Akhmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Tamba, Paian. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor Di Kelas VII SMP ST. Ignasius Medan. Jurnal Quaerite Veritatem, 1(1) : 17-23.

Undang-undang Nomor 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Wijayama, Bayu. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Bervisi Sets dengan Pendekatan Savi. Semarang: Qahar Publisher.

Winkel, W. S. (2014). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia.

Yuliani, Triana; Idrus, Irdam dan Irawati Sri. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Diklabio, 5(1) : 40 – 48.

Yuriska. (2019). Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VIII serta Peran Guru SMPN 4 Siak Hulu melalui Program Adiwiyata Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Prodi Pendidikan Biologi FKIP UIR Pekanbaru.

Downloads

Published

2024-09-30