PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD HKBP PENDIDIKAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Gracia Situmorang PGSD, FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Keterampilan Mengajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD sekolah HKBP Pendidikan Kecamatan Medan Denai yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD sekolah HKBP Pendidikan Kecamatan Medan Denai yang berjumlah 50 orang, sedangkan sampel yang diambil seluruh siswa kelas V yang berjumlah 30 orang dengan jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa adalah angket yang telah diuji validasi serta reabilitasnya. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah korelasi yaitu mengumpulkan data untuk mencari adanya hubungan antara keterampilan mengajar dengan motivasi. Untuk menguji         hipotesis keterampilan mengajar terhadap matematika dan motivasi belajar siswa terhadap matematika dengan menggunakan uji t dimana taraf signifikannya α = 0,05 dengan dk = n-2. Apabila dapat thitung> ttabel maka hipotesis diterima. data berdistribusi normal karena dari hasil uji linearitas diketahui nilai signifikan sebesar 0,556 > 0,05 dan untuk Hasil perhitungan diperoleh thitung dengan nilai 4,539 lebih besar dari ttabel dengan 2,048, hasil perhitungan uji korelasi juga didapati bahwa rxy 0,651 sehingga dapat diartikan regreasi antara variable terikat keterampilan mengajar (x) dengan variable bebas motivasi belajar (y) memiliki pengaruh positif dan dignifikan sehingga perhitungan tersebut berarti hipotesis kerja (Ho) diterima yaitu “Adanya pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar dengan motivasi belajar dalam pembelajaran siswa di SD HKBP Pendidikan

References

Amir Zubaidah dan Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Arikunto.N. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan

R&D. Bandung: Teras

Dr.Akrim, S. M. (2021). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa. Bantul Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Dr Sulistyorini, M.Ag. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Teras.

Dr.Sudarman dan Noor Ellyawati, MM. 2021. Microteaching Dasar Komunikasi dan Keterampilan Mengajar. Wineka Media. Malang.

Hades (2020). Pengaruh Kompetensi Mengajar Guru terhadap Motivasi Berlajar Siswa SD Kelas V Pada Pembelajaran Matematika VI. Vol 4 No 5

Halimah, L. (2017). Keterampilan Mengajar. Bandung : PT. Refika Aditama

Heriyati, (2017). Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. http://journal formatif 7 (1):22-32

Istirani dan Intan Pulungan. 2017. EksiklopediaPendidikan. Medan: Media Persada.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2018. EvaluasiPembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

KBBI. 2016. Pendidikan Pengajar. https://kbbi.kemdikbud.go.id/ 2016

Khairani, Makmun. 2017. Psikologi Belajar. Yokyakarta: Aswaja Pressindo.

Liberna, H. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Penggunaan Metode IMPROVE pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Formatif, 2 (3), 190-197.

Majid, A. (2015). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Maryati, I. dan Priatna, N. 2017. Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Mosharafa, 6 (3), 333-344.

Priansa, J. D. (2018). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta Pulungan, I. D. (2017). Ensiklopedia Pendidikan. Medan :Media Persada.

Rabukit Damanik, M.Pd. 2021. Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Medan: Umsu Press.

Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sinaga R .2019. Pengaruh Kompetensi Mengajar Guru terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SD Kelas VI. Vol 4 No 1

Sardiman. 2015. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Soekarno. 2018. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rikena Cipta

Sudijono. 2018. Pengantar statistic pendidikan. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor- Fackor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. MetodePenelitianPendidikanPendekatanKuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2017. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group. Kelas 5 SDN Gugus Warkudoro. 100-120.

Wulansari, H. (2020). Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika selama Study at Home. http://journal. unesa.ac.id/ index.php /jppms/, 73-80.

Downloads

Published

2024-09-30