PENGARUH MODEL TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA “TEMA KAYANYA NEGERIKU” KELAS IV SD SWASTA PENUAI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Tema Kayanya NegerikuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDS Penuai Medan. Penelitian ini termasuk korelasional kuantitatif. Penelitian ini berjumlah 32 siswa berdasarkan teknik probality sampling yaitu Simple random sampling. Hasil perhitungan statistik yang ditunjukkan bahwa hasil belajar meningkat dengan menggunakan model STAD dengan kategori baik sekali dengan nilai rata-rata 82,62, sedangkan tanpa penggunaan model tersebut yaitu kurang dengan nilai 56. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung adalah 10,896 sedangkan ttabel 2,042 maka terbukti bahwa hipotesis lebih besar dari ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada tema kayanya negeriku dengan perhitungan persentase 89,3% yang memiliki hubungan signifikan
References
Afandi, M., & Irawan, D. (2013). Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Division di Sekolah Dasar (1st ed.). Semarang: Unissula Press.
Afidah, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V Mi Hidayatul Mubtadi’in Tegalsari Barat Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2019-2020. Jurnal Ibtida, 1(1), 1–19.
Akhiruddin, Surjarwo, Atmowardoyo, H., & Nurhikmah. (2019). Belajar Dan Pembelajaran (1st ed.). Makassar: Cahaya Bintang Cemerlang.
Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (15th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Asmedy, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.41
Br Depari, S. E., Mahulae, S., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4), 1106. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8461
Faisal, & Lova, S. M. (2018). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar (1st ed.). Medan: Harapan Cerdas
Helga Chris Maria Naibaho, Reflina Sinaga, E. J. S. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada tema lingkungan sahabat kita kelas V SD Swasta Harvad Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Genta Mulia, 7(1), 104–112.
Helmiati. (2013). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ihsan, I., Eddy, A., Syafruddin, S., & Nila, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Inpres Sangiang Wera. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i1.3192
Istarani. (2019). 58 Model Pembelajaran Inovatif (3rd ed.). Medan: Media Persada.
Itsnaini, F. T., & Suryanti. (2018). Efektivitas Modelpembelajaran Kooperatif Stad (Student Team Achievement Division) Pada Hasil Belajar Ipa Siswa Dalam Materi Pada Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas Iv Di Sdn Gading Viii/ 554 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(10), 1876–1885.
Khairani, M. (2017). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2023). Ragam Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalis Guru (5th ed.). Surabaya: Kata Pena.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (2nd ed.). Bandung: Refika Aditama.
Mahtumi, I., Purnamaningsih, I. R., & Purbangkara, T. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) (1st ed.). Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik. Jawa Timur: Ae Media Grafika.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 (1st ed.). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar (2nd ed.). Ponogoro: Wade Group.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Beriorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Adanau Abimata.
Setiawan A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Uwais Inspirasi.
Shoimin, A. (2022). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR Ruzz Media.
Sinaga, R., Purba, J. M., & Tanjung, D. S. (2020). Keywords: Scramble Learning Models, Learning Outcomes ABSTRAK. Elementary School Journal, 10(4), 216–224.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya (6th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, R. E. (2016). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (27th ed.). Bandung: Alfabeta.
Sulhan, A., & Khairi, A. K. (2019). Konsep Dasar Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD/MI) (1st ed.). Mataram: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram.
Susanto, A. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS DI Sekolah Dasar (2nd ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.
Susanto. (2022). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar (5th ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.
Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan (I). Jakarta: Bumi Aksara.
Wahap, G., & Rosnawati. (2021). Teori Teori Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Jawa Barat: Adanau Abimata.
Wardana, & Djamaluddin, A. (2021). Belajar dan Pembelajaran Teori, Desain, Model Pembelajaran dan Prestasi Belajar (II). Sulawesi Selatan: Kaaffah Learning Center.