PENGARUH MODEL TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 22 LUMBAN SUHI-SUHI TORUAN KECAMATAN PANGURURAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Keywords:
Pengaruh, Model Pembelajaran take aModel Pembelajaran take and givend give, Hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar tema “Daerah Tempat Tinggalku” kelas IV SD Negeri 22 Lumban Suhi-Suhi Toruan Kecamatan Pangururan. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 22 Lumban Suhi-Suhi Toruan yang berjumlah 31 orang. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan Pretest dengan rata-rata 58,45 dapat dikatakan kemampuan awalnya cukup. Hasil dari Post-test memiliki peningkatan sebesar 78,96 dapat dikatakan tingkat keberhasilan hasil belajar siswa meningkat. Hasil koefisien korelasi membuktikan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) dengan hasil rhitung > rtabel. rhitung (0,822) > rtabel (0,355) Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dari perhitungan data yang dilakukan, hasil pengujian yaitu thitung > ttabel hasilnya 7,761 > 2,045 dengan taraf signifikan (α = 0,05). Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari penelitian di SD Negeri 22 Lumban Suhi-Suhi Toruan dapat dikatakan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe take and give sangat efektif dalam pembelajaran tematik di kelas
References
Ahmad Syachruroji, Siti Rokmanah, S. N. (2022). Analisis Kurangnya Pemahaman Siswa Kelas 5 Di SDN Lontar Baru Pada Materi Perkalian Pecahan Dengan Model Take And Give. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP, 08, 926–935.
Anzelina, D. (2015). Penerapan Metode UTANG (Ular Tangga) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri No 101731 Kampung Lalang Tahun Pembelajaran 2017/2018. 0–15.
Arikunto. S. 2022. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Busmin Gurning dan Effi Aswita Lubis. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Medan: K-Media
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis (A. Syaddad (ed.)). CV. Kaaffah Larning Center Kompleks Griya Bumi Harapan Permai B44 Jalan Syamsu Alam Bulu, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.
Ermawan, M. T. S., & Sari, A. F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik. Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 1(1), 135–140. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/50
Hamdani 2018. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Huda. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar
Imelda and Anazelina, D. (2019) ‘Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill’, Jurnal of Mathematics Education and Science, 5(1), pp. 11–19.
Intan Kusuma Wardani. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 2(3), 1–23.
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574
Lestari, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Kelas V SD Negeri 124394 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625.
Ovalisda, S., Fuad, S. al, & Junita, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV SD Negeri 11 Banda Aceh Pada Materi Gaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–12.
Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Prenada Media.
Pulungan, I. dan I.2018. Ensiklopedi Pendidikan. Medan Sumatera Utara: Larispa.
Rusman 2019. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Septina, R. K. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Take and Give Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas 2 Sd N Demangan Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 7, 311–323.
Setiawati. (2018). “Helper”Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar. In Helper (Vols. s10-IV, Issue 102, p. 469). https://doi.org/10.1093/nq/s10-IV.102.469-f
Setiyawan, H., & Hasti Yunianta, T. N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 162. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3859
Shoimin, A. (2022). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Simarmata, E. J. (2017). Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual (CTL) Di Kelas V SDN 060959 Belawan Ester. 7, 357.
Simarmata. J. et.al. (2021) Teori Belajar dan Pembelajaran: Yayasan Kita Menulis.
Slameto 2019. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sofiani, I. F., Mushafanah, Q., & Kiswoyo, K. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 40–45. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.30004
Suarmawan, K. A., Meitriana, M. A., & Haris, I. A. (2019). Faktor-Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 11,(2), 529–531.
Sugiyono 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Susanto, A. 2018. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia group.
Syah, M. 2017. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (uji homogenitis dan uji normalitas). 7(1), 50-62
Wardani, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(3), 50–55. https://doi.org/10.58258/jisip.v2i3.561