PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V TEMA III LINGKUNGAN SAHABAT KITA DENGAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)DI SD ST.THOMAS 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Keywords:
Model pembelajaran kooperatif, teams games tournament, TGTAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament materi manusia dan lingkungannya dikelas V SD St. Thomas 5 Medan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V sebanyak 31 orang siswa, 20 laki-laki dan 11 Perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan menentukan ketuntasan hasil belajar siswa dan kemudian menentukkan kriteria keberhasilnya. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa 31 orang siswa pada kondisi awal (pretes) tingkat hasil belajar secara klasikal yaitu 9 orang siswa (29,03%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 50,32. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 15 orang siswa (48,38%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 62,58. Setalah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 26 orang siswa (83,87%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata rata 85,61. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas v SD St. Thomas 5 Medan tema “Lingkungan Sahabat Kita” dalam materi Manusia dan Lingkungannya
References
Annury, M. N. (2019). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 177. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3258
Aqib, zainal, Amrullah, A. (2018). Ptk Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Aplikasi. Andi Offset.
Ariana, R. (2023). Model -model Pembelajaran Bandung PT. Refika Aditam a. 1-23.
Ariani, T., & Agustini, D. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2),65-77. https: //doi.org/10.31539/spej.v1i2.271
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22. https: //doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Jurnal K, 1-17.
Friskilia, O., & Winata, H. (2018). Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 184. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9454
Sitepu, A. (2020). The Influence of Used Good-Based Learning Media on the Value of Chracter Education and Student'S Motivation to Study. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(4), 1696-1703. https: //doi.org/10.33258/birle.v3i4.1299
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https:// doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1 (1), 1-13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Hidayah, N., Pgmi, J., Tarbiyah, F., & Keguruan, D. (2015). PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR. TERAMPIL Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2, 34-49.
Hidayani, M. (2016). PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM KURIKULUM 2013 Masrifa Hidayani. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 150-165.
Intan, I. (2021). Ensikolopedi Pendidikan. MEDIAPERSADA.
Istarani. (2019). 58 Model Pembelajaran Inovaatif.
Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 210. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102-109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2018). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156. https://doi.org/ 10.17509/jmee.v4i2.9627
Laila, Q. N., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Al, N., & Mojokerto, H. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Jenjang Sd/Mi. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3(2).
Maratusholihah, H., Priyanto, W., Damayani, A. T., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., &
Pendidikan, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, Vol: 7, No, 255.
Moh, Y. (2015). Teori dan Metode Pembelajaran. Madani.
Ngalimun. (2022). Strategi Dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model Pembelajaran Respons Verbal dalam Kemampuan Berbicara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4 (1), 113-122. https:// doi.org/ 10.33487/edumaspul.v4i1.230
Nuryanti, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bilangan Romawi bagi Siswa Tunarungu Kelas IV SDLB. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 20(1), 40-51. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/21734
Paizaluddin, & Ermalinda. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. ALFABETA, cv.
Punaji. (2020). Desain Pembelajaran. Bumi Aksara.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Kencana.
Silviana Nur Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).
Simarmata, E. J. (2017). Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual (Ctl) Di Kelas V Sdn 060959 Belawan. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 7(3), 357-365. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i3.8171
Siregar, E., & Widyaningrum, R. (2015). Belajar Dan Pembelajaran. 09(02), 193-210. https://www.coursehero.com/file/52663366/BELAJAR-DAN-PEMBELAJARAN1- convertedpdf/
Sitepu, A. (2020). The Influence of Used Good-Based Learning Media on the Value of Chracter Education and Student'S Motivation to Study. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(4), 1696-1703. https://doi.org/ 10.33258/birle.v3i4.1299
slameto. (2018). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. PT RINEKA CIPTA.
Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1 (1), 45-53. https://doi.org/ 10.30998/sap.v1i1.1010
Sorong, M. K. (n.d.). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. 66-74.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Wulandari, D., & Listiadi, A. (2017). Pengaruh Hasil Belajar Matematika Ekonomi,
Pemahaman Pengantar Akuntansi dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1 pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Universitas Negeri Surabaya, 1-7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.