PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS 4 SD NEGERI 060833 MEDAN PETISAH TAHUN AJARAN 2022/2023
Keywords:
Kepemimpinan Guru, Hasil Belajar, belajar matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan guru terhadap hasil belajar matematika pada kelas 4 SD Negeri 060833 Medan Petisah tahun ajaran 2022/2023. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan yakni pada kelas 4 SD Negeri 060833 Medan Petisah yang berjumlah 34 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampling sensus. Penelitian ini mengaji pengaruh kepemimpinan guru terhadap hasil belajar dalam pendidikan dasar. Penelitian ini menekankan pentingnya sekolah memiliki pelatihan dan pengembangan khusus untuk guru yang berminat menjadi pemimpin. Ini bisa meliputi pelatihan keterampilan kepemimpinan, pemantauan pengajaran, manajemen waktu, dan kemampuan komunikasi yang efektif. Hal ini memungkinkan dilakukannya penyesuaian yang diperlukan guna meningkatkan efektivitas kepemimpinan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dari pengujian korelasi dapat di lihat pada koefisien korelasi sebesar 0,610 ≥ 0,339 maka dapat disimpulkan hipotesis altervative ( ) diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan guru terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 060833 Medan Petisah. Dapat juga dilihat dari hasil pengujian uji-t dimana ≥ yaitu sebesar 4,349 dan sebesar 2,037, maka hipotesis (diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif yang singnifikan antara kepemimpinan guru dan hasil belajar matematika pada kelas 4 SD Negeri 060833 Medan Petisah tahun ajaran 2022/2023
References
Afifuddin. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia.
Arikunto. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Baharin, Baharuzaini. (2016).“Gaya Kepimpinan Guru Besar Dan Tahap Efikasi Guru.” Journal of Personalized Learning volume 2(1): 9-17. file:///C:/ Users/HP/ Downloads/ jurnal%20 gaya%20 kepemim pinan %20guru%202.pdf
Basri, Hasan. (2015). Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Djamarah, S. B. (2018). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ermita. (2015). “Kepemimpinan Guru Dalam Pelaksanaan Tugasnya Di Kelas Ermita.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume XV(2) 31-41. file:///C:/ Users/HP/Downloads/jurnal%20pengertian%20kepemimpinan%20 guru.pdf
Faizah, Silviana Nur. (2017). “ Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Silviana” At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume 1(2): 176-185. https://core.ac.uk/download/322523223.pdf
HS, D. W. S. (2020). Perbedaan Sikap Ilmiah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training Dengan Model Pembelajaran Direct Instrucation. 7(2).
Indriyani, Mela. (2019). “Pengaruh Kepemimpian Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan.” Economic Education Analysis Journal Volume 8(2): 681-697. file:///C:/Users/HP/ Downloads /jurnal%2 0kepemimpinan%20guru.pdf
Istriani, & Pulungan. (2018). Ensiklopedia pendidikan. Medan: Media Persada.
Ishar, Mohamad Mohd Izzuan. (2019). “Penerapan Sifat Kepimpinan Guru Ke Arah Mencapai Wawasan Pendidikan Negara.” Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH) volume 4(5): 1-6. file:///C:/Users/HP/Downloads/jurnal%20gaya%20kepemimpinan%20guru%20%203.pdf
Khairani, M. (2017). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswajaya Pressinda.
Kumala, Vivi May. (2019). “Analisis Konstruk Model Pengembangan Kepemimpinan Guru Dari Faktor Spiritualitas Kinerja Di Sekolah Dasar “X” Jakarta.”
Lestari, putri, and Adeng Hudaya (2018). “Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ip Kelas Viii Smp Pgri 3 Jakarta.” Research and Development Journal pf Education 5 (1): 45
Mansyur, Rahim Abd. (2021).“Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak.”Eljour:Education and Learning Journal Volume 2(2):101-109. file:///C:/ Users/HP/ Downloads/ document %20(4).pdf
Maknum, Khairani. (2017). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswajaya Pressindo.
Mustika.J. (2016). Modul Psikologi Pendidikan. Lampung: Program Studi Pendidikan Ekonomi Stkip Kumala Lampung Metro.
Machali, Imam. (2016).The Hand Book Of Education Management. Jakarta:
Prenada media Group.
Mansyur, Rahim Abd. (2021). “Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak.” Education and Learning Journal volume 2(2): 101-109. file:///C:/ Users/HP/ Downloads/ jurnal%20 fungsi%20 kepemimpinan%20guru%20.pdf
Margono. (2014). Metedolongi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nurjan. S. (2016). Psikologi belajar. Ponorogo:CV. Wade Group.
Nasution, Khalilah. (2016).” Kepemimpinan Guru Dalam Meningkatkan
Efektivitas Pembelajaran PAI.” Jurnal Darul Ilmi volume 4(1): 1-13. file:/// C:/Users/HP/ Downloads/ jurnal%20 sifat%20 dan%20 gaya% 20kepem impinan % 20guru%20.pdf
Priansa, Donni Juni. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: CV. Alfabeta.
Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar (Budi Santosa (ed); 3rd ed). Pustaka Pelajar.
Rahayu, Reka. (2018). “Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa Volume 4(2). file:///C:/ Users/HP/ Downloads/ jurnal%20kepemimpinan%20guru.pdf
Rosyid, Z. D. (2019). Prestasi Belajar. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar (4th ed). Prenadamedia group.
Susanti, I. (2019). Prestasi Belajar Akademik dan Non Akademik. Malang: CV.
Slameto. (2017). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suardi, M, & Syofrianisda. (2019). Belajardan Pembelajaran. Yogyakarta: Dua Satroa Offiset.
Syaf’I, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi Jurnal Kominikasi Pendidikan, 2(2), 115.
Tatang. (2015). Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Yanti, Sepni. (2019). “Gaya Kepemimpinan Guru Sd Sekolah Dasar Di Dalam Kelas” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa volume 5(1): 66-72. jurnal gaya kepemimpinan guru.pdf