UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PESAWAT SEDERHANA DENGAN MODEL INQUIRI SISWA KELAS VIII-3 SMP ST. PAULUS SIDIKALANG
Keywords:
Model Belajar Inquiri, Hasil Belajar, Materi Pesawat SederhanaAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi Pesawat Sederhana siswa kelas VIII-3 SMP St. Paulus melalui model pembelajaran inquiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meliputi perencanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Identifikasi awal dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap hasil penilaian harian ke-2 yang dengan nilai masih banyak di bawah KKM. Data penilaian harian di tempat penelitian yang menunjukkan bahwa 57,5% memiliki nilai dibawah KKM, dengan rata-rata nilai 62,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 22,5% dari 25,0% menjadi 65,0%. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 42,5% dari 65,0% menjadi 90,0%. Hal tersebut telah memenuhi ketercapaian indikator keberhasilan tindakan yaitu minimal 85% siswa dalam kelas tersebut mencapai KKM ≥ 75. Rata-rata nilai pada siklus I meningkat dari 62,0 menjadi 73,25. Dan rata-rata nilai pada siklus II meningkat dari 73,25 menjadi 85,5. Artinya bahwa penggunaan model pembelajaran inquiri pada materi pesawat sederhana siswa kelas VIII-3 SMP St. Paulus dapat meningkatkan hasil belajar.
References
Bahri Djamarah, Syaiful. 2013. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Saurus Book Store
Kurniawan, Deni. 2011. “Penggolongan Hasil Belajar”, https://www.google.com/search?q=hasil+belajar+menurut+demni+kurniawan&hl/, diakses 28 Januari 2023
Sunarto, Winkel. 2011. “Pengertian Hasil Belajar”. https://www.scribd.com/doc/148008754/, diakses 2 November 2022
Sudjana, Nana. 2004. Model Mengajar Inquiri. Bandung: Sinar Baru
Tim Abdi Guru, 2013. IPA Terpadu Kelas VIII. Jakarta: Erlangga
Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo
Yulianto, Toto. 2004. “Peran Utama Guru dalam Pembelajaran Model Inquiri”. https://totoyulianto.wordpress.com/2013/03/02/metode-inkuiri-i-metode-pembelajaran/, diakses 26 Februari 2023
Yulianto, Toto. 2013. Metode Pembelajaran Inquiri. Bandung: Penerbit Rosda
Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta