MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKANAN ZAT CAIR DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PUTRI CAHAYA TP 2022/2023

Authors

  • Natalina Manurung SMP Swasta Putri Cahaya

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Think Pair Share, Materi tekanan zat cair

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi tekanan zat cair di kelas VIII SMP Swasta Putri Cahaya TP 2022/2023 dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMP Swasta Putri Cahaya. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-3 yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II antara perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk melihat hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil  belajar peserta didik, yaitu pada siklus I sebesar 67,30%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88,46%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi tekanan zat cair di kelas VIII-3 SMP Swasta Putri Cahaya TP 2022/2023.

References

Ahmadi, Abu. (1998). Didaktik Metodik. Semarang: CV. Toha Putra.

Ali, M. (1993). Guru dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Barn Algesindo.

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Djamarah. (2016). Pengertian Prestasi Belajar. www.gocities.com/guruvalah.

Fahrozi, Marwan. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Penelitian Tindakan Kelas: Dinas Pendidikan Kota Medan.

Kanginan, Marthen. (2018). Mandiri Fisika. Jakarta: Erlangga.

Nainggolan, Wenharto. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA melalui Metode Think Pair Share di Kelas IX SMP Negeri 15 Medan. Penelitian Tindakan Kelas: Dinas Pendidikan Kota Medan.

Sardiman, A. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Tim Abdi Guru. (2017). IPA Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2023-10-12