UPAYA MENINGKATKAN MEMBACA ANAK DENGAN MEDIA KARTU PESAN SINGKAT BERGAMBAR SISWA KELOMPOK B TK SANTO IGNATIUS MEDAN
Keywords:
Anak, Membaca, Media kartu pesan singkat bergambarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan dari minat membaca anak di kelompok B TK Santo Ignatius sehingga anak memiliki kemampuan yang baik dalam kegiatan membaca dengan media yang digunakan yaitu kartu pesan bergambar singkat. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelompok B TK Santo Ignatius yang berjumlah 18 peserta didik dan metode yang digunakan adalah metode kualtatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus perbaikan. Siklus I pada tanggal 15 s/d 17 Febuari 2023 dan siklus II pada tanggal 20 s/d 24 Febuari 2023. Bedasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa anak merasa tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran karena media yang digunakan menyenangkan bagi anak dan ini terlihat dari jumlah peningkatan anak yang dapat membaca dengan baik dan penggunaan media kartu bergambar singkat dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca kata dan kalimat sederhana.
References
Anggora, M Toha, dkk. (2008). Metode Penelitian. Jakarta : Universitas Terbuka.
Asep, Hery, dkk. (2009). Media dan sumber belajar TK. Jakarta : Universitas Terbuka
Wardani, Igak dan Wihardi Kuswaya. (2011). Penelitian tindakan kelas. Jakarta : Universitas Terbuka
Agustin, Ayu (2015) upaya meningkatkan kemampuan calistung anak usia dini melalui permainan papan logiko pada anak kelompok b tk firdaus kecamatan banjarnegara kabupaten banjarnegara semester 2 tahun ajaran 2014- 2015. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Noor Mutari; Ratri Eka (2019) Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Teratai Unm Makassar. Diakses dari https//diligibadmin.unismuh.ac.id
Rahmalya Kirana (2019) Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Di Taman Kanak-Kanak Al-Kautsar Bandar Lampung. Diakses dari http://repository.radenint.ac.id