PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMPERAGAKAN GERAK TARI DENGAN MODEL COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING SISWA KELAS III SD ST. IGNATIUS MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Maria Septayana Ginting SD ST. Ignatius Medan

Keywords:

Kemampuan Gerak Tari, Collaborative Teamwork Learning, CTL

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Memperagakan Gerak Tari dengan Model Collaborative Teamwork Learning Siswa Kelas III SD St. Ignatius Medan Tahun Ajaran 2022/2023”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa memperagakan gerak tari dengan model collaborative teamwork learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memuat dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu; (1)perencanaan, (2)pelaksanaan, (3)observasi, (4)refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes praktik atau unjuk kerja dengan alat instrumen menggunakan rubrik penilaian terhadap kemampuan memperagakan gerak tari. Pada tahap pra siklus diperoleh data bahwa kemampuan siswa memperagakan gerak tari masih rendah, yaitu siswa yang mampu atau mendapat nilai di atas KKM hanya 10 orang atau 38% dari 26 siswa. Setelah diberikan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 18 siswa atau 69% dari 26 siswa. Selanjutnya setelah dilaksanakan siklus II semakin mengalami peningkatan menjadi 24 siswa atau 92% siswa mengalami peningkatan kemampuan memperagakan gerak tari. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memperagakan gerak tari.

References

Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Coulter, Robbins. (2004). Manajemen,Edisi Ketujuh, Edisi Indonesia, Jilid Kesatu. Jakarta: PT. Indeks Group Gramedia.

Greenberg, Jerald dan Baron, Robert A. (2012). Perilaku Organisasi. Jakarta: Prentice Hall

Sekarningsih, Frahma dan Heny Rohayani.(2006). Pendidikan Seni Tari dan Drama. Bandung: UPI PRESS.

Kussudiardjo, Bagong. (2000). Dari Klasih Hingga Kontmporer. Yogyakarta: Yayasan Padepokan Seni Bagong Kussudiardjo.

Soedarsono. (1977). Pengantar Pengetahuan Tari. Jakarta.Lagaligo.

KEMENDIKBUD. (2016). Silabus Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Jakarta: KEMENDIKBUD

Al-tabany, Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatic, Progresif, dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia Group.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Kurniasih dan Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Fathurrahman, Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ar – Ruzz Media.

Rosidin, Undang dan Nina Kadaritna. (2011). Pembelajaran Aktif Model Collaborative Teamwork Learning dengan Penilaian Otentik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Soft Skills Mahasiswa. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Sumiati, Eneng. (2021) Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Teamwork Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Usaha dan Energi. (online). Tersedia: https://etheses.uinsgd.ac.id/44236/ Diunduh pada 21 Januari 2023 pukul 13.11 WIB

Downloads

Published

2023-10-12