UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS FIKSI DENGAN MIND MAPPING SISWA KELAS IV SD ST. YOSEF SIDIKALANG T.A 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.53842/qvj.v3i1.40Keywords:
kemampuan membaca, metode mind mapping, membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui metode mind mapping siswa kelas IV SD St. Yosef Sidikalang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus satu kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD St. Yosef Sidikalang dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis sebanyak 10 soal pilihan ganda, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca dapat ditingkatkan melalui metode mind mapping. Peningkatan terjadi pada proses pembelajaran mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik di setiap siklus, yaitu meningkatnya kemampuan membaca teks fiksi dan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, pada siklus I pencapaian yang diperoleh siswa adalah 55% meningkat menjadi 85%. Dengan demikian, penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan membaca teks fiksi siswa kelas IV SD St. Yosef Sidikalang
References
Aku Pintar. (2020). Memahami Karakteristik Siswa Sebagai Peserta Didik saat Belajar Mengajar di https://akupintar.id (diakses 30 April 2021).
Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatkhan. (2017). Pengertian dan langkah-langkah metode pembelajaran mind mapping. https://fatkhan.web.id (diakses 30 April 2021).
Imas Kurniasih. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Professional Guru. Kata Pena.
Kompasiana. (2015). Karakteristik Siswa dalam Pembelajaran di https://www.kompasiana.com (diakses 30 April 2021).
M. Ngalim Purwanto. (2016). Strategi Dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Mahmudi, Ihwan. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jawa Timur: Jurnal Multidisiplin Madani (Mudima) volume 2
Mutsani. Hasbi. Ciri-ciri Pembelajaran Dalam Pendidikan-Pengertian, Prinsip dan langkahnya Lengkap di https://tutorialbahasainggris.co.id (diakses 6 Mei 2021).
Nana Sudjana. 2009. Dasar-dasar Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.
Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Simanjuntak. Wanti (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. https://www.kompasiana. com (diakses 30 April 2021).
Suprijono, Agus. Cooperative Leraning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010.
Tarigan. Henry Guntur. (2009). Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.