UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING SISWA KELAS 1 SD ST. IGNATIUS MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022 /2023
Keywords:
hasil belajar, materi penjumlahan dan pengurangan, quantum learningAbstract
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata materi penjumlahan dan pengurangan di kelas 1 SD St. Ignatius Medan tahun ajaran 2022/2023 dengan model quantum learning. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD ST. Ignatius Medan T.A 2022/2023 yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Sedangkan obyek penelitian adalah peningkatan hasil belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa hasil pembelajaran Matematika di kelas 1 SD St. Ignatius Medan tahun ajaran 2022/2023 meningkat. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar yang dipereoleh siswa yaitu prasiklus dengan nilai rata-rata 69.67 dan ketuntasan klasikal 43%, pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata 74.67 dan ketuntasan klasikal 47 %. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata diperoleh sebesar 84.67 dengan ketuntasan klasikal mencapai 87%. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I pada materi penjumlahan dan pengurangan di SD ST. Ignatius Medan tahun ajaran 2022/2023.
References
A, Shoimin. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
DePorter, Bobbi & Mike Hernacki. (2001). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Penerbit Kaifa.
DePorter, B., Reardon, M. & Singer,Nourie S. (2007). Quantum Teaching: Mempraktekkan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas. Bandung: KAIFA.
Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung:Rosda
Khairani M. (2017). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Murizal,A.dkk. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika,1(1), hal.19-23.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukayati. (2011). Pembelajaran Pecahan di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Widyaiswara PPPPTK Matematika.
Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Suprijono, Agus.(2009) Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Surachmad, & Sunaryo. (2001). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif suatu pendekatan teoritis psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, Ngalim. (2000).Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya