PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) PADA MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA DENGAN MODEL COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEATS TOGETHER (NHT) DI KELAS VI-B SD SWASTA ST. YOSEF SIDIKALANG
Keywords:
Model pembelajaran, Model pembelajaran tipe Numbered Head Together, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn khususnya pada materi Persatuan dan Kesatuan Bangsa Kelas VI-B SD Swasta St. Yosef Sidikalang dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together. Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan karena peserta didik kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran, dilihat dari kurang adanya antusias peserta didik untuk bertanya, maupun menjawab pertanyaan yang diberikan pendidik, dan kurang adanya interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdapat aspek perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan test (pretest dan postest) dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif melalui observasi selama proses pembelajaran seperti lembar observasi, aktivitas pendidik dan peserta didik, dan data kuantitatif melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari hasil belajar siklus I ke siklus II, dari data pretest siklus 1 diperoleh nilai rata-rata sebesar 30 artinya tidak ada peserta didik yang mendapat nilai tuntas namun pada tes akhir siklus I peserta didik yang tuntas mencapai 69,57% dengan nilai rata-rata 70,86. Dan pada siklus 2 terjadi peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 73,91% dengan nilai rata-rata 77,39.
References
Abdullah Sani, Ridwan. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.
Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Asma, Nur. Model Pembelajaran Kooperatif, 2006.
Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2012.
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka CPPKn, 2006.
E. Mulyasa. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Gusti Ayu Mas Eka Jayanti, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI-B Sekolah Dasar Gugus LT. Wisnu Depasar Utara”, dalam Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesa Jurusan PGSD, Volume 2, Nomor 1, Tahun 2014.
Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia, 2011.
Huda, Miftahul. Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur, dan Model Terapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
I Gede Budi Astrawan, “Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VI-B SDN 3 Tonggolobibi”, dalam Jurnal Kreatif Tadulako Online, Volume 3, Nomor 4.
Isjoni, Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Joyce, B, Weil, M. and Shower, B. Models of Teaching. Massachusetts: Allyn and Bacon, 1992.
Komalasari, Kokom. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama, 2011.
Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Mashadi, et.all, Desain Model Pembelajaran Inovatif Berbasis konstruktivistik. Tulungagung: STAIN Tulungagung Press, 2013.
Masnur Muslich. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontektual.
Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Masulah, Siti. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Kelas V SD Negeri 2 Negeri Agung Gunung Pelindung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016”, Karya Ilmiah, STAIN Jurai Siwo Metro, 2016.
Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: PT. Ar-Ruzz Media, 2013.
Mukholifah, Siti. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SDN 05 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2015/2016”, Karya Ilmiah, STAIN Jurai Siwo Metro, 2016.
Nurulwati. Model-model Pembelajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2000.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006.
Robert E. Slavin, Cooperative Learning: Theory Reserch and Practice, Terj. Nurlita Yusron. Bandung: Nusa Media, 2005.
Rusman. Model-model Pembelajaran “Mengembangkan Profrsi Guru”. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
S.Sadiman Dkk. Media Pendidikan. Jakarta : Rinneka Cipta, 2007.
Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Shoimin, Aris. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Sidik ngurasan dan Agus purwowidodo, Desain Model Pembelajaran Inovatif Berbasis konstruktivistik. Tulungagung: STAIN Tulungagung Press, 2010.
Slameto. belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.
Slavin, Robert E. Cooperative Learning: theory, research and practice. N. Yusron, 2005. Terjemahan. London: Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005.
Sudaryono. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012. Sulihin B. Sjukur. “Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK”. dalam Jurnal Pendidikan Vokasi, Volume 2, Nomor 3, November 2012.
Sudjana, Nana. Cara Belajar siswa Aktif. Bandung : Remaja Rosdakarya, 1989.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
Suparlan Al Hakim et.al. Pendidikan Kewarganegaraan “Untuk SD/MI Kelas 6”.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Solihatin,Etin. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan “Dengan Pendekatan Baru”. Bandung: Rosda, 2010.
Tirianto. Mendesain Model-model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prada Group, 2010.
Undang-Undang Sistem Pendidikan nasional Nomor 20 Tahun 2003.
Warsono dan Hariyanto. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.