PENINGKATAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG DENGAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA SISWA KELAS II-C SD ST. IGNATIUS MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keywords:
hasil belajar, bangun ruang, pembelajaran tutor sebayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya pada materi bangun ruang di kelas II-C SD St. Ignatius Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II-C SD St. Ignatius Medan. Hasil penelitian pada siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 12 siswa atau 50% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa atau 50% dengan nilai rata-rata 68,20. Pada siklus II yaitu siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 20 siswa atau 83,33% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa atau 16,67% dengan nilai rata-rata 82,79 maka terjadi peningkatan dari siklus I dibandingkan pada siklus II dan telah memenuhi ketuntasan yang sudah ditentukan. Selanjutnya aktivitas siswa pada proses pembelajaran siklus I memperoleh rata-rata sebanyak 70 dan pada siklus II telah mengalami peningkatan menjadi 90. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan pada hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya di kelas II-C SD St. Ignatius Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.
References
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Balai Pustaka
Dewi, Rosmala. 2009. Profesionalisasi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Medan : CV. Dharma
Dimyati, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Faisal, 2017. Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Hambali, Julius. 1991. Pendidikan Matematika I. Jakarta : Depdikbud
Heruman. 2007. Model PembelajaranMatematika. Bandung : Remaja Rosdakarya
Nur Tanjung, Bahdin. 2006. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Medan : Kencana
Triono, Agus. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Materi Perkalian Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SD 1 . Prambatan Lor
Sagala, Erman. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Santika, Agung. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Tutor Sebaya Siswa Kelas V SD Negeri 1. Granting Kabupaten Klaten
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Sri Rejeki, Pitrolina. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Tutor Sebaya (Peer Tutor) Kelas III SD Negeri Suryodiningratan I. Yogyakarta.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Surya, Yohanes. 2019. Mathematic for Elementary School. Jakarta : PT Kandel